Cara Menghindari Agar Akun Google Adsense Tidak Dibanned

Akun Google Adsense bisa dibanned oleh Google ketika pemilik akun tersebut melanggar ketentuan yang tercantum dalam Terms of Service.  Tergantung dari tingkat kesalahan, bentuk pemblokiran ini bisa beragam; mulai dari pemberhentian penayangan iklan di halaman tertentu di sebuah situs, hingga pencabutan permanen akun Adsense sehingga si pemilik akun akan terpaksa membuat situs atau blog baru jika ingin mencoba memakai Adsense lagi. Ada berbagai cara menghindari agar akun Google Adsense tidak dibanned, namun sebelumnya anda pun harus tahu apa yang menyebabkan akun Adsense bisa dibanned.

Mengapa Akun Adsense Bisa Dibanned?

Pada dasarnya, pemasangan iklan di situs menggunakan akun Adsense adalah bentuk soft selling, dimana pengunjung situs diharapkan mengeklik iklan berdasarkan ketertarikan mereka terhadap produk tersebut setelah membaca konten yang dimuat di situs penayang iklan. Dengan demikian, rasio CTR dan keuntungan yang didapat baik oleh Google, si penayang maupun pemilik produk yang diiklankan akan alami. Sebuah akun Adsense bisa dibanned bahkan diblokir ketika seorang pemilik situs menggunakan cara-cara yang tidak sah untuk mengundang aktifitas klik ke iklan yang ditayangkannya. Misalnya dengan memanipulasi kode iklan sebelum ditayangkan di HTML situs, memanipulasi tautan dan penayangan iklan hingga letaknya tersamar, melakukan klik berkali-kali sendiri hingga terang-terangan meminta agar pengunjung situs mengeklik iklan yang ditayangkannya.

Berikut adalah beberapa cara menghindari agar akun Google Adsense tidak dibanned:

  • Anda ingin mendapatkan traffic tinggi dengan cepat? Jangan sekali-sekali menggunakan jasa pertukaran traffic pengunjung. Google memiliki sistem yang dapat melacak situs mana yang trafficnya datang secara alami dan situs mana yang memanfaatkan bantuan seperti itu.
  • Pasanglah iklan anda secara natural tanpa perubahan kode HTML atau perubahan wajah iklan yang drastis lainnya; anda masih bisa mengatur ukuran, lokasi pemasangan dan tampilan warna namun tidak diperbolehkan mengubah kode HTML atau bahkan menyamarkan wajah iklan untuk mengecoh pengunjung.
  • Hindari mengeklik iklan di situs sendiri berkali-kali, baik oleh anda sendiri maupun oleh orang lain yang anda mintai tolong untuk melakukan hal tersebut. Ingat, Google sudah kerap mengalami masalah klik tidak normal seperti ini sehingga telah mengembangkan sistem untuk melacaknya. Hindari membuat situs-situs spam atau direktori untuk memasang iklan Adsense karena Google kini kerap mengadakan razia terhadap situs merugikan semacam ini. Hindari memasang iklan melebihi ketentuan yang diberikan Adsense. Ketika anda mendapat jatah 4 unit iklan saja untuk dipasang di situs anda, jangan memasang lebih.
  • Hindari memasang kata-kata seperti “click my ads link for more information” atau “please click my ads for further info.” Biarkan aktifitas klik iklan terjadi secara alami karena kata-kata seperti ini di situs anda dapat membuat Google Adsense melakukan pengeblokan terhadap situs anda.
  • Akhirnya, cara menghindari agar akun Google Adsense tidak dibanned adalah tentu saja dengan membuat situs atau blog yang memiliki konten bermutu serta rajin diperbaharui (bukan hanya sebulan atau dua bulan sekali). Konten bermutu dan bermanfaat adalah senjata utama untuk menarik banyak pengunjung serta memancing klik iklan secara alami dan tidak berpotensi dibanned oleh Google Adsense. Walaupun prosesnya jauh lebih lama ketimbang menggunakan cara-cara licik seperti di atas, namun penghasilan yang bisa didapat di masa depan lewat Adsense bisa lebih maksimal dan konstan serta berpotensi untuk jangka panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *